Jelajah
IMG-LOGO

KKM Randu Tirta, uji fungsi sarana dan prasarana Pamsimas

Create By 11 December 2019 8 Views

TEGALRANDU – Kegiatan pembangunan Sarana-prasarana Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Desa Tegalrandu Kecamatan Srumbung, memasuki tahapan uji fungsi. Uji fungsi dilakukan , Rabu (11/12/2019).

Uji fungsi dilakukan untuk mengecek apakah sarana prasarana air minum dan sanitasi yang telah dibangun bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Untuk kegiatan Pamsimas di Desa Tegalrandu, ada dua bak yang telah dibangun. Pertama Bak SPL dan yang kedua bak reservoir yang berlokasi di tanah warga yang letaknya berada di samping Sabo Dam sebelah utara dusun Pule Desa Tegalrandu.

Dari hasil uji fungsi ditemukan bahwa seluruh sarana prasarana air minum dan sanitasi yang telah dibangun bisa berfungsi dengan baik. Air bisa dengan lancar mengalir dari sungai Blongkeng disaring melalui Bak SPL (Saringan Pasir Lambat) kemudian ke bak Reservoir hingga ke rumah-rumah warga. Hadir dalam uji fungsi tersebut unsur-unsur dari Koordinator Pamsimas Kabupaten, Fasilitator, Satlak, KKM, dan Kepala Desa Tegalrandu.

Dalam kesempatan tersebut ketua “KKM Randu Tirta” Zen Hilali mengatakan, kami sangat bersyukur dengan adanya Program Pamsimas di Desa Tegalrandu yang saat ini telah memasuki tahap akhir kegiatan. Ia berharap program ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tegalrandu, khususnya untuk menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

 

Kontributor : Zn